Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Konek/Sambung Wifi

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Tidak Bisa Konek/Sambung Wifi - Apakah Smartphone kamu sedang mengalami masalah tidak mau tersambung ke jaringan wifi? Di jaman yg super modern ini, kebutuhan akan internet memang tidak bisa dihindari lagi. Dan sekarang ini sudah banyak yg mulai beralih ke jaringan wifi untuk bisa mengakses internet. Teknologi wifi memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dgn memanfaatkan layanan dari provider. Apalagi sekarang juga sudah banyak sekali wifi yg tersedia di tempat umum yang bisa digunakan secara gratis.


Namun kadang kala kita juga bisa mengalami kesulitan saat ingin connect ke sebuah jringan wifi. Masalah yg sering terjadi adalah ketika smartphone android kita tidak mau tersambung ke jaringan tersebut. Mungkin kamu sendiri pernah atau sering mengalami hal ini dan pusing mencari penyebab serta cara untuk mengatasinya.

Nah pasti kamu sdah penasaran bagaimana cara untuk memperbaiki HP yang tidak mau konek ke wifi. Mungkin kamu juga sudah mencoba berbagai tips yang dibagikan di luar sana, namun belum ada yang berhasil. Akan tetapi jangan khawatir, karena kami akan memberikan trik jitu untuk mengatasinya. Mau tahu? Langsung saja simak tutorial berikut ini.

1. Pastikan Waktu dan Tanggal Sudah Benar

Mungkin ini terlihat sepele, tapi hal ini juga bisa menyebabkan berbagai hal serius pda smartphone. Contohnya saja seperti sekarang ini, kadang kala pengaturan jam dan tanggal yg tidak tepat juga bisa menyebabkan smartphone gagal konek ke jaringan wifi. Nah silahkan periksa pada pengaturan HP kalian dan lihat apakah semua sudah disetting dengan benar.

2. Forget Jaringan Wifi yang Tidak Terpakai
Jika kalian merupakan salah satu pemburu wifi, tentu sdah banyak jaringan yang telah kalian masuki. Nah semua nama jaringan tersebut biasanya akan tersimpan di smartphone dan jika sdah banyak maka tentu akan menumpuk. Hal ini kadang juga menyebabkan masalah, coba kalian masuk ke pengaturan kemudian pilih wifi, lihat berapa banyak jaringan yg tersimpan disana. Jika sudah terlalu banyak, klik pada salah satu yg tidak digunakan kemudian pilih forget/lupakan. Hal ini akan mengurangi jumlah jaringan yg tersimpan di smartphone kalian.

3. Jaringan Wifi Dalam Keadaan Limited
Untuk yg satu ini saya yakin kalian sering mengalaminya, banyak orang gagal konek ke jaringan wifi karena ia bersifat limited. Nah bagaimana solusinya? Coba kalian restart perangkat kalian biasanya bisa mengatasi hal ini. Kalau belum silahkan coba beberapa saat lagi, mungkin routernya baru saja dinyalakan sehingga statusnya masih limited.

4. Cek dan Matikan Layanan Antivirus Kalian
Aplikasi antivirus memang tergolong penting untuk melindungi kita dari serangan virus dan juga malware. Namun kadang kala antivirus ini memprotect kita dgn terlalu ketat sehingga membatasi jaringan yg bisa dimasuki. Akibatnya jaringan wifi yg mungkin baru dan tidak dikenal dicurigai berbahaya sehingga ia membloknya dan akhirnya tidak bisa konek. Jika ini terjadi, matikan layanan proteksi antivirus kalian utuk sementara wkt agar bisa tersambung ke jaringan wifi kembali.

5. Router dan Jaringan Wifi Bermasalah atau Terlalu Lambat
Untuk yg terakhir ini mungkin memang bukan perangkat kalian yang bermasalah, tapi memang sumbernya yg tidak berjalan dengan baik. Pastikan jaringan wifi yg kalian coba koneksikan dapat berjalan dengan baik. Jika kalian bisa tersambung ke jaringan namun tdk bisa digunakan untuk internet/browsing, mungkin wifi tersebut terlalu lambat. Cobalah untuk mengganti perangkat apakah ia juga mengalami hal yg sama.

Demikian tips bagaimana cara mudah mengatasi smartphone android tidak bisa konek ke wifi, silahkan bisa kalian coba cara diatas. Semoga brmanfaat.